Tidak Mudah Menjadi Guru

Bagikan tulisan ini ke media sosial!

 

Saya sedih ketika menemukan guru yang begitu emosi melihat siswanya bandel, nakal, usil dan tidak disiplin. Saya lampirkan pula foto saat seorang guru harus membuat tulisan di instagram dan siswa-siswinya melihat tulisan tersebut. Saya pikir “ini guru perlu dibantu, atau ini guru sedang dalam masalah,..”. Ya, memang tidak mudah menjadi guru, terutama saat siswa yang menjadi murid kita adalah siswa di usia remaja, di mana mereka sedang mencari identitas dan perhatian yang banyak dari orang-orang di sekelilingnya.

Kemarin, saya menonton film India terbaru tentang guru yang memiliki Tourette Syndrome. Dia harus mengajar  siswa yang luar biasa bandel dan minta perhatian. Satu hal yang menjadi catatan saya selama menonton adalah kalimat “Tidak ada siswa yang salah, yang salah adalah guru”. Kalian sepakat? Saya secara pribadi, sepakat.

Nah, bila dua cerita di atas saya kaitkan, maka sikap guru yang tidak memberikan kisi-kisi soal sebagaimana mestinya (seperti yang diungkapkan dalam tulisannya di instagram–nih guru dendam hehe) kurang tepat. harusnya guru, mencari sumber persoalan, mengapa siswa melakukan hal tersebut. bahkan konon persoalan lainnya, karena gurunya marah tidak dipanggil ke kelas saat jam pelajarannya tiba (haruskah guru diingatkan akan tanggungjawabnya? Haloo)

Saya pikir, kalau tidak ada guru, wajar saja siswanya melakukan atau mengerjakan hal-hal lain di kelas hehe….

Jadi…memang tidak mudah menjadi guru!

 

Bagikan tulisan ini ke media sosial!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *